Cara Kompres Video

Untuk anda yang senang menyimpan video atau memang mendalami bidang tertentu yang berhubungan dengan menyimpan video tentu sudah mengerti jika ukuran video memang cukup besar khususnya untuk video yang memiliki durasi panjang dan kualitas bagus.

Jika terlalu banyak menyimpan video, maka tentunya akan cepat mengurangi kapasitas penyimpanan.

Ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara kompres video yang tentunya bisa menghemat kapasitas penyimpanan, menghemat waktu upload, menghemat kuota dan masih banyak lagi.

Bahkan, kompres video juga sangat efektif jika anda memasukkan video ke bentuk DVD atau CD yang biasa disebut dengan burning CD.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk kompres video baik dengan smartphone atau laptop tanpa harus khawatir dengan hasil kualitas video yang jelek seperti beberapa cara kompres video yang akan kami berikan kali ini.

Handbrake

Cara kompes video pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memakai Handbrake. Ini adalah software video converter multiplatform gratis yang bisa anda jalankan dalam beberapa sistem operasi seperti Linux, Windows 64 serta 32 bit atau Mac OS.

Dengan aplikasi ini, anda bisa mengatur ukuran video yang akan dihasilkan sesuai dengan keinginan dan tentunya kualitas sudah terjamin tetap baik. Untuk anda yang mempunyai spesifikasi minim juga tidak perlu khawatir ketika menginstall aplikasi ini karena ringan untuk dijalankan dan bahkan juga mendukung hampir seluruh format video.

Berikut ini adalah cara kompres video dengan Handbrake di laptop selengkapnya:

  • Download aplikasi Handbrake dengan proses install yang cukup mudah yakni klik next dan ikuti semua petunjuk sama seperti aplikasi umumnya.
  • Buka aplikasi handbrake kemudian pilih video yang akan anda kompres.
  • Sesudah video berhasil dibuka, tentukan destinasi file dengan cara klik tombol Browse kemudian pilih folder untuk menentukan tempat penyimpanan kemudian beri nama video tersebut.
  • Di bagian preset sebelah kanan layar, silahkan anda pilih Normal dan pilih MP4 di Output Setting serta beri tanda centang di bagian Web Optimized.
  • Supaya hasil video bisa sesuai dengan rekomendasi ukuran video untuk upload di internet, maka lanjutkan memilih Tab Picture Resolusi atau Size yang anda inginkan.
  • Lanjutkan dengan klik di tab Video kemudian ubah Video Encoder menjadi H.264 [x264].
  • Terakhir, silahkan kompres video tersebut dengan meng-klik tombol Start Encode lalu tunggu sampai proses selesai dengan kecepatan kompres yang tergantung dari durasi video dan juga spesifikasi laptop anda.
  • Lanjutkan dengan membuka folder hasil kompres video dan akan terlihat jika video hasil kompres berkurang 50% dari ukuran video asli dengan kualitas yang masih sama bagusnya.

Freemake

Freemake merupakan aplikasi video converter gratis yang dilengkapi dengan banyak fitur untuk mendukung beberapa jenis format video. Aplikasi ini juga tampilannya sangat menarik yang tidak hanya bisa anda pakai untuk kompres video namun juga file lain seperti gambar dan audio.

  • Download dan install aplikasi Freemake kemudian buka aplikasinya.
  • Buka video yang akan anda kompres yakni dengan meng-klik File kemudian pilih Video.
  • Cari video yang ingin anda kompres kemudian klik Open.
  • Tunggu sampai proses membuka video selesai kemudian pilih Format Video yang anda inginkan.
  • Akan ada banyak format video yang bisa anda pilih, namun umumnya yang paling banyak dipilih adalah format MP4.
  • Nantinya akan muncul jendela dan pilih Custom di bagian Preset kemudian pilih lokasi hasil kompres video akan disimpan.
  • Jika video yang dihasilkan masih terlalu besar, maka sebelum convert video silahkan diubah lebih dulu dengan cara klik ukuran video Nantinya akan muncul pop up Limit Output Size dan silahkan anda tentukan ukuran yang diinginkan dalam bentuk MB. Disarankan untuk mengikuti output yang direkomendasikan oleh aplikasi ini kemudian klik OK dan klik Convert.
  • Tunggu sampai proses kompres selesai dan lamanya tergantung dari spesifikasi komputer yang anda pakai serta durasi dari video tersebut.
Mau Download YouTube Tanpa Software?, Ini Dia Cara Mudah Download YouTube Tanpa Software Untuk PC dan Android

YouCut

Cara kompres video selanjutnya juga bisa anda lakukan dengan YouCut yang bahkan bisa anda gunakan juga untuk mengurangi durasi video.

Meski aplikasi ini gratis, namun hasil video tetap berkualitas tanpa ada watermark seperti aplikasi lain. Selain itu, aplikasi YouCut ini juga memiliki banyak fitur yang bisa anda pakai seperti menggabungkan video, memotong video, menambah musik, filter dan lain sebagainya.

  • Silahkan anda install aplikasi YouCut memakai Google Play Store lalu buka dan klik pada ikon Plus.
  • Sesudah itu, silahkan anda cari video yang akan anda kompres dan jika sudah terbuka silahkan klik centang.
  • Disini anda akan melihat beberapa fitur untuk edit video dan sesudah selesai mengedit, silahkan klik simpan yang ada di bagian atas.
  • Nantinya akan muncul pop up dan anda bisa memilih ukuran serta kualitas video kemudian atur sesuai dengan keinginan anda dan klik Kompres dan tunggu hingga proses kompres video selesai seluruhnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *