Cara Mematikan Update Windows 10

Cara Mematikan Update Windows 10 2019 dengan mudah

Sama seperti sebelumnya, Windows 10 juga menyediakan pilihan Windows Update untuk pembaruan pada sistem operasi.

Namun bedanya, cara mematikan update Windows 10 tidak mudah seperti versi sebelumnya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah koneksi yang dipakai menjadi metered.

Namun dengan catatan jika Windows tetap update secara aksa untuk patch khususnya security.

Selain itu, masih ada beberapa cara mematikan update Windows 10 lain yang ampuh untuk anda coba seperti beberapa cara berikut ini.

Lakukan Service Control Panel

Mematikan Update Windows 10 dengan Service Control Panel

Cara mematikan Update Windows 10 pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan service control panel. Berikut langkah langkah yang harus anda lakukan:

  • Buka control panel dengan meng-klik kanan start menu kemudian pilih control panel.
  • Kemudian, pilih system and security dan pilih administrative tools.
  • Sesudah muncul beberapa tool, kemudian pilih service dan di bagian dalamnya terdapat banyak pilihan, kemudian klik Windows Update sebanyak 2 kali.
  • Langkah selanjutnya, pilih startup type dan ubah menjadi disabled lalu klik tombol stop di pilihan service status dan pilik OK.

Mematikan Update Windows 10 Dengan Metered Connection

Mematikan Update Windows 10 Dengan Metered ConnectionCara berikutnya yang bisa anda lakukan adalah lewat metered connection yang hanya bisa anda lakukan pada saat memakai WiFi.

  • Klik kanan di nama WiFi yang sudah terhubung dengan PC anda lalu klik kanan dan pilih properties.
  • Sesudah itu akan muncul kotak slide bar kemudian pilih set as metered connection dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Sesudah itu, silahkan ubah tools yang ada di set as metered connection menjadi off.
  • Jika anda ingin menghidupkannya kembali, maka lakukan kembali langkah diatas dan ubah set as metered connection menjadi On untuk menghidupkan update windows kembali.
Bingung windows blum di aktivasi ? cobain tutorial kami Cara Aktivasi Windows 10

Mematikan Update Windows 10 Memakai Defer Upgrade

Untuk anda yang ingin mematikan update Windows 10 di Windows 10 Pro, maka anda bisa mematikan automatic update dengan cara yang halus memakai defer upgrade. Defer upgrade ini berarti meminta Windows 10 supaya tidak mendownload dan juga menginstall update dalam jangka waktu tertentu hingga maksimal 8 bulan.

Keunggulan dai Defer Upgrade ini adalah anda masih tetap memperoleh patch security sehingga Windows 10 tetap aman. Namun untuk update fitur baru serta peningkatan fitur tidak akan didownload sehingga anda bisa menghemat kuota.

Anda hanya perlu mematikan Defer Upgrade serta melakukan Check Updates ketika terhubung dengan koneksi kuota yang banyak. Berikut adalah cara mengaktifkan Defer Upgrade:

  • Buka Windows Update kemudian pilih Advanced Options.Mematikan Update Windows 10 Memakai Defer Upgrade
  • Kemudian, centang Defer Upgrade.Memakai Defer Upgrade 2

Matikan Services Windows Update

Menggunakan cara mematikan Windows 10 dengan mematikan Services Windows Update ini akan mematikan Windows Update secara total termasuk juga update patch security.

Untuk itu, pastikan anda memakai cara ini ketika terhubung ke internet dengan kuota yng banyak.

Untuk mematikan automatic update di Windows 10, anda hanya perlu mematikan servicesnya yakni membuka langsung Services.Matikan Services Windows Update

Sesudah itu, cari Windows Update kemudian klik kanan dan properties.Matikan Services Windows Update 2

Lanjutkan dengan Stop Windows Update Service dan ubah opsi Startup type menjadi Disabled.Matikan Services Windows Update.

Modifikasi Dengan Group Policy

Untuk cara ini hanya bisa dipakai untuk  Pro dengan akses pada Group Policy. Anda hanya cukup membuka Run dengan Win + R> kemudian ketik gpedit.msc> dan klik enter.Modifikasi Dengan Group Policy.

Langkah selanjutnya, browse ke computer configuration kemudian klik administrative templates, klik windows components dan klik windows update.Modifikasi Dengan Group Policy 2.

Lanjutkan dengan klik kanan Configure Automatic Update kemudian pilih Edit.

Sesudah itu, pilih opsi Enabled dan ubah menjadi automatic updating configuration menjadi Notify for download and notify for install lalu klik OK dan Apply.Modifikasi Dengan Group Policy 3.

Dengan begini, maka jika ada update yang baru saja dirilis, Windows 10 tidak akan secara langsung mendownload namun memberikan notifikasi pada anda lebih dulu.

Dengan Command PowerShell

Cara ini sebetulnya adalah shortcut cara paksa namun dibuat dalam bentuk powershell command supaya anda bisa mengaksesnya dengan cepat.

Untuk menonaktifkan Windows Update Service, anda hanya perlu membuka PoweShell kemudian lakukan command berikut ini:

  • Stop-service wuauserv
  • Set-service wuauserv-startup disabled

Untuk memastikan jika service memang sudah benar benar mati, maka anda bisa memeriksa command berikut ini:

  • get-wmiobject win32_service –filter “name=’wuauserv’”

Apabila memang sudah mati, maka StartMode-nya menjadi Disabled dan State-nya menjadi Stopped.

Jika ingin menghidupkan Windows Update service kembali, anda cukup menggunakan command berikut ini pada komputer:

  • set-service wuauserv –startup manual
  • start-service wuauserv
Mau Lebih Cepat Download Software Windows 10?, Berikut Artikel Tentang Cara Mempercepat Download

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa cara mematikan update pada Windows 10 yang sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat selain untuk menghemat kuota.

Namun direkomendasikan untuk tidak mematikan update otomatis secara menyeluruh sebab Update Software harus tetap dilakukan untuk menjaga performa dan juga keamanan dari virus.

Anda boleh matikan Windows Update, akan tetapi tetap lakukan update dengan berkala untuk mengurangi risiko yang mungkin saja terjadi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *