Cara Membuat Label Undangan Otomatis Di Word

Cara Membuat Label Undangan Otomatis

Buat Anda nih yang mau membuat label undangan sendiri, atau pun kebetulan lagi butuh informasi tentang cara membuat label undangan otomatis, sepertinya Anda ada di tempat yang tepat. Bagaimana tidak, melalui artikel ini akan kami bagikan langkah paling mudah dan lengkapnya untuk membantu Anda membuat label undangan otomatis. So, simak ulasannya sampai selesai!

Cara membuat label undangan secara otomatis ini pas banget buat Anda yang tidak ingin ribet membuat label undangan dengan cara manual, baik itu ditulis dengan tangan atau pun Word.

Meskipun caranya tidak terlalu sulit, alias mudah sekali akan tetapi pada kenyataannya masih ada banyak orang yang belum mengetahui caranya. Anda bisa membuat label undangan dengan bantuan Excel dan Word, juga dengan berbagai nomor label yang berbeda pastinya, contohnya saja nomor 100, 101, 102, dan nomor label undangan yang lainnya.

Penting sekali untuk Anda tahu sebelum memulai cara membuat label undangan otomatis, bahwa ada beberapa fitur yang dibutuhkan untuk membuat label undangan yang ternyata tidak hanya tersedia di Microsoft Office terbaru saja. Anda bahkan bisa membuatnya di berbagai macam versi, mulai dari Microsoft Office 2007, 2010, 2013, 2016 dan seterusnya.

Nomor label pada sebuah undangan tentu saja memiliki peranan yang cukup penting. Dan ternyata ada dua nomor yang paling umum digunakan pada label undangan, yakni nomor 103 dan 121. Kemudian untuk per-lembarnya sendiri Anda ternyata bisa membuat label sebanyak 12 label.

Selain hal tersebut, tidak hanya menggunakan Microsoft Word saja, ternyata untuk membuat label undangan otomatis ini Anda juga membutuhkan Microsoft Office Excel.

Ini berguna sekali pada saat Anda akan membuat data undangan, seperti nama atau pun alamat penerima undangan. Selain hal tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan penggaris dan kertas label undangannya.

Apabila semua yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka Anda bisa mulai membuat label undangannya dengan cara berikut.

Cara Membuat Data Label Undangan

Apa sih fungsi dari sebuah template pada sebuah undangan? Template ini nanti berfungsi sebagai tempat dimana nama dan alamat sih penerima undangan ditulis.

Jadi, sebaiknya Anda pastikan sudah siapkan penggaris dan kertas label yang akan digunakan untuk mencetak label undangannya. Misalnya saja dengan menggunakan label nomor 103.

Cara membuat template label undangan

  1. Silakan Anda buka saja Microsoft Word seperti biasa, lalu buka dokumen baru. Jika sudah lanjutkan dengan mengeklik pada opsi Ribbon Mailings – Labels. Lalu pada jendela Envelopes and Labels, Anda bisa mengeklik tombol Options.
  2. Jika sudah keluar jendela Label Option, silakan pilih New Label sehingga munculah jendela Label Details. Nah, pada langkah ini Anda harus lebih teliti lagi pada saat mengisi semua kolom yang ada.
    • Label name : untuk mengisi nama label yang akan dibuat, contohnya label 103 atau label 121.
    • Top margin : jarak margin bagian atas, yakni antara ujung atas kertas dengan tepi label di bagian atas.
    • Side margin : jarak margin di bagian samping, yakni antara tepi samping kertas ke tepi label.
    • Vertical pitch : tinggi label ditambahkan dengan jarak vertikal dan label yang ada di bawahnya.
    • Horizontal pitch : lebar dari label ditambahkan dengan jarak horizontal dan label di bagian sampingnya.
    • Label height : tinggi label
    • Label width : lebar label
    • Number across : jumlah kolom di kertas label
    • Number down : jumlah baris di kertas label
    • Page size : lebih baik pilih custom
    • Page width : lebar semua kertas label
    • Page height : tinggi semua kertas label
      Cara membuat template label undangan terbaru
  3. Lalu untuk langkah selanjutnya setelah semua kolom tersebut sudah Anda isi dengan baik dan benar, silakan Anda klik pada opsi Ok. Masih dalam jendela Envelopes and Labels, silakan Anda pastikan terlebih dulu labelnya sudah benar – benar aktif. Jika sudah, klik saja pada opsi New Document.
    Cara membuat template label undangan tanpa ribets
  4. Pada langkah yang terakhir ini dokumen Anda akan secara otomatis terbuka dengan format kertas sesuai template label yang sudah dibuat. Silakan Anda masukkan saja semua data – data penerima undangan yang sudah Anda buat tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel ke dalam template yang sudah dibuat.

Memasukkan Data Undangan ke Dalam Word

Memasukkan data undangan ke dalam Word

  1. Pada menu Ribbon Mailings silakan Anda pilih menu Select Recipients lalu klik pada Use An Existing List. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih file Excel yang berisikan data – data penerima undangan yang sudah dibuat tadi.
  2. Pada jendela Select Table silakan Anda pilih yang paling sesuai dengan Sheet dimana Anda mengetikkan nama dan alamat sih penerima undangan. Jika sudah klik Ok. Kemudian letakkan kursor Anda di kolom atau label pertama di lebar kerja Word. Lalu pada menu Ribbon Mailings klik Insert Merger Field dan pilihlah Nama.
    Memasukkan data undangan ke dalam Word 2019
  3. Jika sudah muncul tulisan <<nama>> silakan Enter dan ketikan kata “Di”, lalu Enter lagi dan ulangi langkah sebelumnya. Kemudian pada menu Ribbon Mailings klik menu Inster Merge Field – Alamat. Isi saja kolom yang ada sampai semuanya penuh. Untuk tampilkan nama dan alamat sesuai data yang sudah dibuat di Excel, Anda hanya perlu mengeklik Ribbon Mailings – Edit Individual Documents – All – Ok.
  4. Apabila data – data yang sudah Anda buat tersebut cukup banyak biasanya Word akan alami yang namanya Not Responding. Tetapi Anda tak perlu khawatirkan masalah ini, tunggu saja beberapa saat sampai akhirnya aplikasi dapat berjalan seperti sediakala. Bula sudah selesai dan dirasa sudah cukup, baru Anda bisa mengecek label yang sudah dibuat tersebut. Anda bahkan juga bisa menyimpannya di perangkat Anda.

Cara Print Label Undangan

Perlu untuk diingat, bahwa untuk membuat label undangan otomatis dengan cara di atas Anda hanya bisa melakukannya dengan menggunakan PC, komputer, atau laptop.

Itu artinya Anda tidak bisa melakukannya di smartphone maupun tablet yang Anda miliki.

Tidak hanya itu saja, pastikan Anda juga sudah memiliki printer dan kertas labelnya. Sebab, akan sangat percuma saja undangan sudah dibuat tetapi ternyata Anda tidak bisa mencetaknya untuk kemudian diberikan ke sih penerima undangan.

Tetapi demikian, sebelum mencetak label undangan yang telah Anda buat, jangan lupa untuk menghilangkan garis – garis yang ada di tepi label. Caranya mudah sekali, sebab masih sama seperti dengan cara memunculkannya.

Namun untuk lebih lengkapnya mari simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Cara Print Label Undangan terbaru

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tabel Mailings yang sama, kemudian lanjutkan dengan mengeklik Finish and Merge. Dan pilihkan menu Print Document.
    Cara Print Label Undangan dengan mudah
  • Sebenarnya ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih, yakni All, Record, dan Current, atau pun halaman tertentu yang ingin Anda cetak. Silakan dipilih mana yang Anda butuhkan. Jika sudah nanti akan keluar pengaturan dari printer yang Anda gunakan tersebut. Jangan lupa untuk mencolokkan printernya dengan PC, komputer, atau laptop Anda.Selain hal tersebut, jangan lupa juga untuk memasukkan ukuran kertas yang sesuai dengan ukuran kertas label undangan yang sudah Anda buat.
  • Jika kertas labelnya sudah siap, kini saatnya untuk mencetak atau print label undangan yang dibuat tersebut. Apabila semuanya sudah siap, maka Anda bisa membagikan undangan tersebut.

Nah, itulah cara membuat label undangan otomatis dengan menggunakan Microsoft Word dan Excel yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat, khususnya buat Anda yang akan segera menikah.

You May Also Like