Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi terbaru 2019

Anda pastinya juga sudah paham betul kan, jika sinyal WiFi ini sebenarnya memiliki jangkauan yang sangat terbatas sekali.

Bahkan biasanya apabila Anda kebetulan tinggal di sebuah rumah bertingkat, atau pun sedang bekerja di kantoran dengan ruangan cukup luas, Router sepertinya akan jadi benda yang sangat – sangat Anda butuhkan agar cakupan WiFi tetap gesit.

Tapi ternyata sangat disayangkan sekali, transisi antara jaringan yang ada di PC, laptop, maupun Android terbilang cukup buruk sekali.

Alasannya adalah karena gadget tersebut tidak akan pernah memutuskan sambungan dari jaringan WiFi yang pertama, sampai kemudian sinyal alami penurunan, atau bahkan sampai ke angka nol.

Ini artinya perangkat Anda terssebut tidak akan bisa beralih ke jaringan WiFi yang lain, walaupun masih ada jaringan WiFi yang jauh lebih kuat, alias tidak lemah dan lebih dekat dari jaringan yang sudah terhubung saat ini.

Atas dasar itulah, pada ulasan kali ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara mempercepat koneksi internet WiFi agar tidak melemah.

Kenapa Koneksi Internet WiFi Lemot?

Dijaman yang serba internet seperti sekarang sudah tidak sedikit orang yang punya Router WiFi di rumahnya, sehingga Anda bisa lebih mudah dan bebas mengakses internet kapan pun Anda inginkan dari berbagai perangkat, seperti PC, laptop, maupun Android Anda.

Tetapi ternyata ada beberapa masalah yang pada akhirnya menjadikan koneksi internet WiFi Anda jadi lelet atau lemot. Koneksi yang buruk seperti ini pada dasarnya disebabkan oleh masalah konfigurasi Router, adanya gangguan Nirkabel, atau pun masalah teknis yang lainnya.

Namun demikian, untuk mengetahui informasi tentang kenapa koneksi internet WiFi lemot Anda bisa simak pada beberapa ulasan yang akan kami bagikan berikut ini.

  1. Apabila memang kecepatan WiFi Anda alami penurunan atau jadi lemot dan lelet, mungkin saja ada software maupun perangkat lainnya yang ternyata memakan bandwith.
    Silakan Anda periksa dulu software yang ada di PC atau laptop Anda, misalnya saja antivirus yang terpasang dan menjalankan update otomatis di waktu tertentu.
  2. Selain hal tersebut juga ada kemungkinan WiFi Anda dipakai oleh orang lain yang secara diam – diam menembus sistem keamanan Anda.
    Maka dari itu, ada baiknya Anda pastikan membuat password yang benar – benar aman, sehingga bisa mencegah sembarangan orang bisa mengambil bandwith Anda.
  3. Penyebab lain koneksi WiFi Anda jadi lemot atau lelet adalah ada internet worms. Ini merupakan salah satu jenis program yang bisa dikatakan cukup berbahaya sekali, dan akan melakukan penyebaran melalui jaringan di PC dan laptop Anda.
    Apabila memang perangkat Anda terkena worm internet, itu artinya mereka akan hasilkan traffic jaringan tanpa Anda ketahui, sehingga yang demikian ini sebabkan koneksi internet WiFi jadi lambat.
  4. Solusi atau cara mempercepat koneksi internet WiFi yang lemot tersebut adalah Anda harus memiliki program antivirus dan menjalankannya secara teratur, guna mendiagnosa dan juga menghapus worm dari PC maupun laptop Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC/Laptop

Untuk cara mempercepat koneksi internet WiFi di PC atau pun laptop kali ini kami akan memanfaatkan DNS 1.1.1.1. Tahukah Anda apa itu DNS 1.1.1.1?

Ini merupakan hasil kerjasama antara APNIC dengan Cludflare. DNS di sini dipercaya jauh lebih aman, sebab tidak akan merekam data alamat IP yang Anda pakai. Tidak hanya itu, DNS 1.1.1.1 ternyata jadi yang paling cepat di dunia, bahkan hadir dengan response time hingga 14.8MS.

Namun demikian, untuk bisa mempercepat koneksi internet WiFi dengan DNS 1.1.1.1, Anda hanya bisa melakukannya pada PC atau laptop yang pakai sistem operasi Windows saja.

Tak butuh waktu lama, sebab yang Anda butuhkan tidak lebih dari 2 menit. Anda pun sudah bisa melakukannya dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama – tama, silakan Anda buka menu Settings (Pengaturan) – Control Panel – Network & Internet yang ada di PC atau laptop Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Network & Sharing Center, dan Anda bisa memilih opsi Change Settings Adapter. Sehingga jendela baru akan muncul, di sini Anda diharuskan untuk mengeklik kanan di jaringan yang tersedia dan pilihlah Properties.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

  • Langkah yang selanjutnya Anda tinggal memilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4), lalu klik pada tulisan Properties.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi Super cepat

  • Kemudian silakan Anda ubah pengaturan Obtain DNS server address automatically menjadi “Use The Following DNS Server Addresses”. Di sini nanti Anda bisa memasukkan pengaturan seperti “Preferred DNS server : 1.1.1.1 dan Alternate DNS server : 1.0.0.1”.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

  • Untuk langkah terakhirnya, Anda tinggal klik Ok dan Close atau Tutup untuk menutup pengaturan. Lakukan Restart aplikasi browser yang Anda pakai untuk menggunakan DNS 1.1.1.1 terbaru ini.
  • Tara, kini Anda sudah bisa mendapatkan koneksi internet WiFi yang lebih lancar lagi.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Install WiFi Switcher

Cloudie adalah salah satu developer ternama yang mencoba kembangkan aplikasi untuk mengatasi masalah koneksi internet WiFi yang lambat. Selain memungkinkan Anda bisa mengatur jaringan WiFi, aplikasi ini ternyata juga bisa jadi cara mempercepat koneksi internet WiFi di smartphone Android.

Menariknya, ternyata semua pengaturan ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu akses root dan bisa bekerja pada dua jaringan sekaligus, yakni 2.4 GHz dan 5 GHz. So, pastinya akan selalu tetap dapat terhubung dengan jaringan WiFi terbaik yang tersedia.

  • Cara mempercepat koneksi internet WiFi yang pertama harus Anda lakukan di sini adalah mendownload atau mengunduh aplikasi yang bernama WiFi Switcher. Pastikan pengembangnya adalah Cloudie Development. Sebab ada banyak sekali aplikasi yang memiliki nama sama di Google Playstore.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi di android dengan aplikasi

  • Pastinya apabila Android Anda sudah jalankan OS Marshamallow atau yang lebih tinggi lagi, maka Anda harus memberikan aplikasi WiFi Switcher tersebut izin untuk akses lokasi Anda pada saat pertama kalinya Anda membuka aplikasi tersebut.
  • Jika sudah, nanti Anda akan langsung pergi ke halaman utama yang berisikan daftar WiFi yang ada di sekitar Anda. Jadi, pastikan Anda sudah koneksikan Androidmu ke jaringan WiFi yang tersedia.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi dengan aplikasi terbaru

  • Tetapi jika ada masalah seperti halnya aplikasi WiFi Switcher ini ternyata tidak bisa menampilkan daftar WiFi-nya, Anda hanya perlu menarik ke bawah untuk melakukan Refresh. Kemudian Anda tinggal centang jaringan WiFi yang Anda pilih.
  • WiFi Switcher pastinya akan memastikan bahwasannya perangkat hanya hubungkan ke jaringan ditandai sebagai Preferred mulai dari sekarang.
  • Jika Anda sudah menandai jaringan WiFi, maka langkah terakhir dalam mempercepat koneksi internet WiFi adalah dengan menetapkan batasan kekuatan WiFi supaya perangkat Anda bisa berpindah dari satu Router yang disukai, sebelum akhirnya perangkat Anda terhubung ke WiFi yang lebih kuat lagi. Caranya adalah dengan menekan tombol titik tiga yang ada di sudut kanan atas, kemudian buka menu Settings.

Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi dengan aplikasi 2019

  • Selain hal tersebut, penting juga untuk mengaktifkan pilihan Ask Before Switching untuk dapatkan notifikasi saat jaringan akan berpindah. Ada pula, Show Full SSID yang akan sangat membantu sekali apabila Router WiFi punya nama yang panjang.

Pakai software Heatmapping

Software atau aplikasi Heatmapping ini nantinya akan membantu menunjukkan kepada Anda area sinyal Nirkabel yang terbaik di sekitar Anda. Heatmapping bahkan memungkinkan Anda untuk dapat melihat seperti apa panas Nirkabel yang Anda gunakan, juga memungkinkan Anda dapat melihat dengan tepat jenis cakupan apa yang didapatkan.

Dengan demikian Anda bisa memposisikan kembali Router atau antena yang meminimalisir area yang memang kurang baik sinyalnya. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan koneksi internet WiFi di Androidmu dengan lebih lancar lagi.

Tips Lain Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi

Ubah posisi antena

Cara mempercepat koneksi internet WiFi yang pertama bisa dicoba adalah dengan mengubah posisi antenanya. Ya, Anda bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan koneksi internet WiFi yang lebih besar lain.

Apabila Anda perhatikan dengan seksama, kebanyakan Router atau antena WiFi punya dua buah antena di bagian belakang. Untuk memaksimalkan sinyal yang dipancarkan, maka Anda bisa mencoba mengubah arah dari salah satu antena tersebut ke ara yang berbeda atau arah lainnya, sehingga masing – masing antena bisa cover berbagai sudut.

Selain itu, jika satu antenanya mengarah ke atas, maka Anda bisa mencoba mengarahkan antena yang lain ke arah samping.

Upgrade Router

Selain itu, cara mempercepat koneksi internet WiFi lain yang juga bisa Anda coba adalah jika memang antena atau Router yang Anda pakai juga bisa diupgrade, maka lebih baik Anda mengganti antena yang lebih besar, sehingga Anda pun bisa mendapatkan kekuatan sinyal yang lebih besar pula.

Bila perlu, Anda juga bisa menempatkan Router tersebut di tempat yang terbuka. Hindari untuk menempatkannya di tempat yang tidak terlihat, atau bahkan yang terlalu banyak penghalang, seperti halnya di bagian ujung ruangan maupun di kolong meja.

Sangat tidak disarankan sekali untuk menempatkan Router di dalam lemari pakaian, atau pun di tempat penyimpanan yang tertutup. Sebab, sinyal WiFi rentan akan penghalang.

Restart Router

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba untuk cara mempercepat koneksi internet WiFi yang mudah adalah dengan me-restart Router Anda. Restart Router ini juga akan membantu dalam memperbaiki masalah pada konektifitas jaringan nirkabel.

Dengan melakukan restart, maka Router akan secara otomatis melakukan pencarian kanal baru yang tidak digunakan oleh device lain.

Ganti Router baru

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang berlangganan paket internet dengan kecepatan tinggi, namun apa yang Anda dapatkan justru sangat tidak sesuai dengan apa yang sudah ditawarkan provider internet tersebut, maka kemungkinan yang menghambat kecepatan internet tersebut adalah Router itu sendiri.

Jika Router yang dipakai merupakan produk lama yang sudah diproduksi beberapa tahun lalu, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya teknologi internet dan Wireless akan terus melakukan inovasi dan sudah jauh berubah di beberapa dekade terakhir.

Bahkan biasanya Router yang sudah lama tak lagi mendapat dukungan teknologi baru seperti 5 GHz, 802.11 n/ac, atau bahkan kecepatan internet yang melebihi 100 Mbps.

Cara paling mudahnya untuk mengetahui Router penyebab utama berjalan lambat koneksi internet WiFi adalah dengan mencari tahu nomor modelnya. Lalu coba bandingkan spesifikasinya dengan paket internet dari provider Anda.

Ubah frequency ke 5 GHz

Masalah lainnya yang mungkin saja lepas dari pantauan Anda adalah frekuensi dari Router itu sendiri. Jika saat Anda membeli Router dan memasangnya untuk pertama kalinya tanpa melakukan pengaturan terlebih dulu, mungkin saja Anda sudah melewati opsi untuk memilih frekuensi antara 2.4 GHz atau pun 5 GHz.

Jika Anda kebetulan punya banyak sekali peralatan elektronik Nirkabel, spektrum 2.4 GHz bisa jadi sangat sibuk sekali.

Makanya untuk menghindari masalah tersebut Anda perlu ubah frekuensi Router ke 5 GHz, misalnya saja dengan melalui panel administrator seperti saat Anda pertama kalinya mengaktifkan password.

Jika memang ada opsi yang membuat Anda dapat memilih antara 2.4 GHz atau 5 GHz, maka pastikan Anda memilih 5 GHz.

Aktifkan password WiFi

Cara mempercepat koneksi internet WiFi yang selanjutnya adalah dengan mengaktifkan password WiFi. Langkah tersebut pada dasarnya sudah sangat sering sekali diterapkan. Namun masih banyak pula yang membiarkan jaringannya terbuka tanpa memberikan keamanan.

Hal ini tentu saja tidak hanya beresiko bagi Anda sendiri sebagai pemilik jaringan, tetapi juga bisa sebabkan koneksi yang lambat. Sebab, orang lain bisa dengan mudahnya terhubung ke jaringan tersebut dan memakainya tanpa tanggung jawab.

Nah, untuk mengaktifkan password, Anda bisa coba untuk Log-In ke halaman admin Router milikmu, misalnya dengan cara mengakses alamat IP Router lewat browser, lalu Sign-In pakai ID Default.

Tetapi yang pasti, tiap – tiap merek memberikan ID Default yang berbeda, namun Anda bisa cari tahu dengan mudah lewat internet, atau kadang kalanya juga sudah tertera di bagia bawah Router dan di buku manual produk.

Lalu lanjutkan dengan memilih WPA2 sebagai metode enkripsi dan Anda pun bisa membuat password. Usahakan agar Anda membuat password yang mudah diingat.

Lupa sama password Wifi ? Cobain Cara Mengetahui Password WiFi

Pakai Powerline Adapter

Powerline Adapter ini biasanya digunakan di sebagian besar konstruksi modern, misalnya saja dengan cara memanfaatkan kabel listrik yang ada dalam tembok rumah.

Yang harus Anda lakukan di sini adalah memasang satu buah Powerline Adapter pada lubang listrik, dekat dengan Router dan menghubungkan keduanya lewat kabel Ethernet.

Jika sudah, pasangkan Powerline Adapter yang kedua di ruangan yang tak terjangkau sinyal Router. Di sini Anda juga bisa hubungkan perangkat Anda, baik itu PC, laptop, maupun Android secara langsung pakai kabel Ethernet. Bahkan Anda bisa hubungkannya ke Router lain agar bisa jadi WiFi di ruangan tersebut.

Pakai WiFi Repeater

Penting untuk Anda tahu terlebih dulu bahwa Powerline Adapter adalah salah satu solusi untuk tingkatkan atau percepat koneksi internet WiFi. Tapi sayangnya, alat tersebut tidak bisa bekerja optimal apabila di sekitar Anda punya sirkuit listrik yang berbeda.

Apabila Anda memang ingin mempercepat koneksi internet WiFi di rumah dan Powerline Adapter tak bisa dijadikan pemecah masalah, maka pilihan yang selanjutnya adalah menggunakan WiFi Repeater.

Alat terbaik ini nanti akan bekerja menangkap sinyal internet dari Router utama, lalu memancarkan kembali sinyalnya. Sehingga ruangan tersebut bisa dapatkan sinyal yang sama kuatnya dengan ruangan yang terdapat Router tersebut.

Bahkan alat ini sangat efektif sekali untuk meningkatkan dan mempercepat koneksi internet WiFi di ruangan yang kurang terjangkau oleh Router utama.

Pindah posisi Router ke ruang yang tinggi

Lokasi paling ideal untuk menempatkan Router adalah di ruangan yang lebih tinggi dari tempat Anda. Alasannya adalah karena Router cenderung menyebarkan sinyalnya ke arah bawah, sehingga membuat jangkauan internetnya jadi jelek apabila ditempatkan di lantai.

Ubah DNS pada komputer/laptop kalian

Pada halaman pengaturan jaringan, silakan Anda buka opsi Advance, kemudian pilihlah DNS. Baru Anda bisa ketuk “Custom DNS” dan masukkan saja DNS primer dan sekunder untuk mengubahnya pada komputer atau laptop Anda.

Hubungi IPS penyedia internet

Cara mempercepat koneksi internet WiFi yang terakhir adalah dengan menghubungi ISP yang Anda gunakan.
Misal saja kalau kalian pake indihome, bisa langsung hubungi CS Indihome di fanspage facebooknya ( pengalaman fast respond CS nya )
Dengan menghubungi ISP tersebut, maka Anda juga bisa lebih menghemat jam, hari, maupun minggu untuk dapatkan koneksi internet WiFi yang lebih lancar lagi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mempercepat koneksi internet WiFi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *