Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Hardisk eksternal yang tidak terbaca memang menjadi masalah yang cukup merepotkan sebab sebagian besar fungsinya adalah untuk kebutuhan backup data.

Hardisk eksternal yang tidak terbaca ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti Windows yang tidak mengenali drive, masalah pada kabel USB, casing hardisk yang longgar, masalah pada casing hardisk, sudah berumur dan lain sebagainya.

Sementara cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca bisa dikatakan gampang gampang susah.

Namun selama komponen hardisk masih bagus, maka drive yang tidak terdeteksi tersebut masih bisa dimunculkan kembali.

Jika ini masalah yang anda alami, beberapa langkah berikut bisa anda coba sendiri di rumah.

Reinstall Driver Hardisk

Reinstall Driver Hardisk

Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan reinstall diver hardisk. Saat hardisk tersambung, maka Windows akan otomatis melakukan install driver. Jika tidak, maka tidak akan ada hardware yang tidak terdeteksi. Pada bebeapa komputer, masalah seperti tidak menginstall driver juga kadang kadang terjadi, namun bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Silahkan klik kanan pada Computer kemudian klik Properties dan buka Device Manager di bagian kiri.
  • Cari driver dengan nama USB Attached SCSI [UAS] Mass Storage Device lalu klik kanan pada device tersebut dan klik Update Driver Software.
  • Lanjutkan dengan klik Bowse My Computer For Driver Software dan klik Let Me Pick From A List Of Device Drivers On My Computer.
  • Pastkan juga Show Compitable Hardware tercentang di USB Attached SCSI [UAS] Mass Storage Device.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan klik Next kemudian install hingga selesai seluruhnya.
  • Jika sudah selesai, restart komputer anda lalu coba kembali menyambungkan hardisk.

Atur Ulang Kembali Pengaturan Disk Management

Atur Ulang Kembali Pengaturan Disk ManagementCara berikutnya yang bisa anda lakukan ketika hardisk eksternal tidak terbaca adalah mengatur ulang pengaturan disk management. Sebagian besar orang hanya melihat hardisk terbaca atau tidak dari Drive, namun bisa saja Drive bermasalah sehingga hanya terdeteksi pada Disk Management. Berikut adalah langkah yang harus anda lakukan:

  • Di kolom Search Windows, silahkan anda ketik Disk Management kemudian buka.
  • Periksa apakah hardisk anda bisa terdeteksi dari sana dan jika ada, silahkan klik kanan Drive tersebut kemudian klik Delete Volume.
  • Selanjutnya, klik kanan Drive hasil dari Format dan klik New Simple Volume kemudian ikuti petunjuknya sampai selesai. Sedangkan untuk Format Drive, silahkan pilih FAT32.

Mengganti Letter Hardisk

Mengganti Letter HardiskSeperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika hardisk dideteksi oleh Windows maka akan muncul Letter atau huruf seperti C:G: dan sebagainya. Namun jika ini tidak muncul, maka dampaknya drive hardisk juga bisa tidak terdeteksi. Langkah yang bisa anda lakukan adalah mengganti letter pada hardisk tersebut.

  • Di kolom Search Windows, silahkan anda ketik Disk Management kemudian buka.
  • Pilih Drive Hardisk Eksternal yang sudah terbaca kemudian klik Change Drive Letter and Path.
  • Sesudah itu, silahkan anda klik Add atau Change untuk menambahkan Letter dan ikuti petunjuk yang ada hingga selesai.
  • Jika sudah, maka seharusnya drive hardisk eksternal yang tadinya tidak muncul bisa normal kembali dan bisa digunakan seperti biasa.

 

Lupa Password Winrar?, Begini Cara Membuka Password Winrar yang Terkunci Dijamin 100% Work

 

Pindah Port USB Sampai Terbaca

Di komputer atau laptop pasti disediakan lebih dari satu port USB. Namun, masing masing port tersebut kadang juga mempunyai kualitas penhantaran daya yang berbeda beda.

Sebagai contoh, port USB yang terletak di bagian belakang komputer akan lebih bagus jika dibandingkan dengan port USB di casing.

Hal yang harus anda lakukan adalah memastikan jika hardisk sudah benar benar tersambung ke port yang berfungsi dengan benar. Jika diperlukan, silahkan anda pindah dari port satu ke yang lan hingga hardisk eksternal bisa terbaca.

Lakukan Low Level Format

Lakukan Low Level FormatLow Level Format adalah proses format untuk membersihkan data hardisk hingga benar benar bersih sampai 100 persen.

Tujuannya adalah supaya semua file bisa tersimpan baik untuk yang terlihat atau tidak. File file pada pengaturan sistem di hardisk dan lainnya nantinya akan hilang semua sehingga berbeda dengan format biasa.

Anda nantinya bisa coba menggunakan HDD Low Level Format Tools seperti cara berikut ini:

  • Download aplikasinya lebih dulu di HDDGuru lalu install dan buka aplikasinya.
  • Pilih hardisk eksternal yang ada di daftar lalu klik continue untuk memulai formatnya.
  • Lama tidaknya akan tergantung dari kapasitas hardisk dan juga berapa banyak data yang ada didalamnya. Jika sudah selesai, umumnya hardisk eksternal sudah bisa kembali normal.

 

Mengalami Masalah Windows 10 Lemot?, Ini Dia Cara Mempercepat Windows 10 yang Lelet Up Hingga 200% Performa

 

Ganti Kabel USB Casing

Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengganti kabel USB casing sebab peranan kabel ini juga tidak kalah penting dibandingkan beberapa cara yang sudah kami berikan diatas.

Ada dua jenis kabel USB pada case hardisk yakni USB to USB [Male] dan juga USB Type C berukuran tebal.

Anda bisa coba mengganti kabel dari casing hardisk yang memang terkadang bisa memberikan pengaruh khususnya jika memang kabel yang anda pakai tidak begitu bagus. Untuk harga kabel ini juga tidak terlalu mahal yakni sekitar 20 hingga 30 ribu yang bisa anda beli di toko komputer atau marketplace.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca yang bisa anda lakukan.

Untuk mengatasi masalah hardisk eksternal ini, memang cukup banyak yang harus anda periksa mulai dari pengaturan drive, letter, driver dan lain sebagainya dan beberapa cara yang sudah kami sampaikan diatas menjadi cara termudah untuk anda lakukan sendiri di rumah.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *