Cara Registrasi Kartu XL

Sesuai peraturan Menteri No. 12 tahun 2016,  sebenarnya apapun kartu SIM yang digunakan, Anda diwajibkan untuk melakukan pendaftaran atau pun registrasi ulang kartu SIM-mu. Tak terkecuali bagi pengguna kartu SIM XL yang baru maupun lama.

Jika tidak, maka siap – siap deh kartu XL Anda akan segera kena blokir!

Atau, mungkin yang jadi permasalahnya sekarang adalah Anda ternyata masih belum tahu bagaimana cara registrasi kartu XL Anda tersebut?

Salah satu tujuan dari hal ini adalah untuk memberikan perlindungan yang penuh dari penyalahgunaan nomor ponsel untuk melakukan tindakan yang tidak diinginkan, seperti penipuan dan hoax.

Jika Anda saat ini kebetulan masih belum melakukan registrasi kartu XL, dan tidak tahu bagaimana caranya, jangan panik dulu, karena melalui artikel ini akan kami informasikan cara mudahnya kepada Anda. Dijamin 100% berhasil!

Akibatnya Jika Tidak Diregister Nomornya

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa diwajibkannya melakukan registrasi kartu XL ini adalah menjadi salah satu upaya dari pencegahan penyalagunaannya.

Dimana dalam melakukan proses tersebut, Anda diharuskan untuk melampirkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada di KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan KK (Nomor Kartu Keluarga).

Nah, proses ini wajib dilakukan oleh semua pelanggan baru atau pun lama, tak terkecuali bagi pengguna kartu XL.

Jika tidak, maka akan ada beberapa akibat yang harus ditanggung oleh pengguna kartu prabayar tersebut, seperti berikut ini.

  • Dilakukannya pemblokiran layanan panggilan keluar, atau yang juga disebut dengan outgoing call, beserta layanan pesan singkat keluar atau outgoing SMS. Hal ini sudah pasti, jika memang kartu XL Anda tidak segera dilakukan registrasi paling lambat 30 hari kalender. Terhitung sejak pemberitahuan pelaksanaan registrasi dari penyelenggara Jasa Telekomunikasi.
  • Selain itu, juga akan dilakukan pemblokiran layanan panggilan masuk maupun layanan pesan singkat masuk, apabila memang tidak sesegera mungkin melakukan registrasi paling lambat 15 hari kalender. Yang demikian tersebut terhitung sejak pemblokiran layanan sebagaimana yang dimaksudkan pada poin pertama.
  • Jika Anda masih belum melakukan registrasi juga, maka akan dilakukan pemblokiran layanan data internet, paling lambat 15 hari kalender. Dan hal tersebut terhitung sejak pemblokiran layanan sebagaimana yang dimaksudkan pada poin kedua.

Apa Bisa Register Kartu XL Tanpa KK atau KTP?

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa, pada dasarnya untuk melakukan registrasi kartu XL, Anda memang harus melampirkan nomor KK dan KTP. Tapi yang jadi pertanyaannya di sini adalah kira – kira apa bisa register kartu XL tanpa KK dan KTP?

Tentu saja tidak bisa, sebab yang demikian tersebut sudah menjadi ketentuan dari penyelenggara Jasa Telekomunikasi. Jika Anda tidak memasukkan atau pun melampirkan nomor KK dan KTP maka Anda tidak akan bisa melakukan registrasi kartu XL Anda tersebut.

Bahkan jika nomor KK dan KTP tidak sesuai, Anda pastinya akan alami kegagalan dalam melakukan registrasi kartu XL. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk memastikan data atau nomor NIK di KK dan KTP yang Anda daftarkan sudah sesuai.

Cara Registrasi Kartu XL

Cara Registrasi Kartu XL Online

Melalui website online

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resmi XL, yakni https://www.xl.co.id/registrasi.
  • Jika sudah maka nanti Anda akan dimintai untuk memasukkan nomor XL yang Anda gunakan terlebih dulu.

Cara Registrasi Kartu XL Secara online

  • Masukkan kode verifikasi di halaman layanan pendaftaran, lalu pilih Verifikasi.

Cara Registrasi Kartu XL Secara online 2019

  • Lanjutkan dengan mengetikkan NIK atau nomor KTP dan KK, kemudian pilih Submit.

Cara Registrasi Kartu XL Lewat website online

  • Pendaftaran atau pembaharuan data sudah selesai dilakukan, nanti Anda akan mendapatkan informasi melalui SMS.

SMS

Kamu juga bisa melakukan register kartu xl dengan mudah melalui SMS , dan disini kita 2 tutorial yang dimana pelanggan lama dan pelanggan baru itu beda formatnya, yuk langsung simak di bawah ini

Untuk pelanggan XL baru

  • Ketikkan DAFTAR#NIK#nomorKK kirimkan ke 4444.
  • Contohnya, DAFTAR#123456789011134#5566779988110033 kirimkan ke 4444.

Untuk pelanggan XL lama

  • Ketikkan ULANG#NIK#nomorKK kirimkan ke 4444.
  • Contohnya, ULANG#123456789011135#5544332211998800 kirimkan ke 4444.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara registrasi kartu XL. Semoga informasinya bisa bermanfaat.

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *